Beragam Potensi dan Peluang Usaha Beternak Kambing | Bisnis UKM menguntungkan




Dengan semakin sulit dan ketatnya lowongan pada dunia kerja yang tersedia bagi para anak muda yang baru lulus sekolah maupun kuliah, orang dewasa yang sudah jenuh dengan pekerjaan lamanya maupun bagi para orang tua setengah baya yang akan memasuki usia pensiunnya, baik itu di pedesaan maupun di perkotaan, memanfaatkan peluang dan mendirikan suatu usaha sendiri adalah pilihan yang sangat tepat.

Ya, memilih untuk menjadi wirausahawan atau berwiraswasta secara mandiri adalah termasuk solusi yang sangat brilian dan merupakan pekerjaan berprospek cerah.

Pengusaha Ternak Kambing Luar Negeri Skala Besar
Tengah Berpose bersama Kambing Kambingnya

Indonesia sebagai negeri tropis yang sangat kaya akan berbagai sumber daya alam tentunya menyimpan ratusan juta peluang dan potensi yang luar biasa banyaknya dan beraneka ragam, dalam hal ini.. khususnya berbagai jenis usaha dalam bidang agrobisnis dan juga pada sektor peternakan.

Pada perjumpaan kita kali ini, admin akan mengajak pembaca sekalian untuk sejenak melirik potensi dan peluang usaha dalam bidang agrobisnis peternakan yang diperuntukkan bagi para peminat maupun pemula yang belum mengenal sama sekali seluk beluk, potensi dan peluang usaha peternakan khususnya untuk peternakan modal kecil tingkat pemula yang mungkin dewasa ini banyak orang kurang memperhatikannya bahkan mungkin dianggap sebagai pekerjaan yang remeh dan dipandang sebelah mata.

Nah, lantas apakah usaha peternakan dengan modal kecil ini memang menguntungkan dan memiliki potensi dan prospek bisnis yang menjanjikan di masa depan?

Sebagaimana kita ketahui bersama, Kambing adalah salah satu hewan ternak yang sudah begitu lama mendampingi manusia dalam perkembangan peradabannya.

Rentang waktu ribuan tahun itu adalah bukti bahwa usaha beternak kambing termasuk usaha yang cukup menjanjikan dan menggiurkan

 Anda pasti juga paham bahwa negara negara barat selain mengandalkan industri mekanikal yang canggih canggih ternyata banyak sekali para penduduknya yang berkecimpung dalam dunia bisnis peternakan, terutama pada bisnis peternakan Sapi, Kuda Domba dan juga tentu saja Kambing.


Peluang Usaha Ternak Kambing Sangat Menjanjikan
Dengan ke-profesional-an dan juga kecanggihan teknologi peternakan yang mereka miliki, tentunya kuantitas dan kualitas produk produk peternakan mereka pun sangat melimpah dan memiliki kualitas produk produk peternakan yang sangat baik.

Jadi tidak mengherankan bila kebutuhan akan daging hewan ruminansia seperti sapi, domba dan kambing beserta produk turunannya seperti susu, wol dan bahkan semen (plasma nutfah) dari negara- negara barat tersebut dapat tersebar luas ke seluruh pasar di segenap penjuru dunia.

Nah lalu bagaimana dan apa saja potensi serta peluang usaha dari beternak kambing ini di negara kita, berikut rinciannya..

Prospek Penjualan Hasil Beternak Kambing Skala Kecil hingga Skala Besar :


1. Potensi Pasar/Penjualan Kambing Hidup Dewasa

a. Yang paling populer, Kambing Jantan Hidup diperuntukkan sebagai kambing kurban setiap tahun, yakni pada saat musim haji atau lebih dikenal sebagai hari raya idul adha/ idul Qurban tiba, dimana harga kambing mencapai puncak harga tertinggi, alias kambing hidup akan menjadi sangat mahal dari harga biasanya.


b. Kambing juga sudah pasti sangat dibutuhkan bagi setiap keluarga muslim yang cukup mampu, yakni untuk ibadah aqiqah bagi setiap anak muslim dan muslimat yang dilahirkan oleh setiap keluarga muslim di seluruh dunia.

c. Kambing hidup juga dibutuhkan untuk acara tahun baruan, syukuran, pertemuan, reuni, upacara keagamaan dll sebagai menu barbeque alias bakar bakar kambing guling bagi acara acara tertentu. manteb yah.. :D

d. Kambing hidup juga dapat dijual ke.pasar hewan maupun kepada para tetangga, kolega, maupun teman teman yang sedang membutuhkan kambing. Umumnya cara ini dipakai oleh kebanyakan peternak kecil yang belum memiliki pelanggan tetap atau peternak yang sedang membutuhkan uang dadakan.

2. Potensi Usaha Bisnis Daging Kambing

Daging kambing adalah bahan makanan sumber protein tingkat tinggi yang sangat diminati sekaligus sangat dibutuhkan oleh masyarakat/konsumen.

Kebutuhan akan daging kambing masihlah cukup tinggi, hal ini dapat kita buktikan dengan masih tingginya impor daging kambing dari luar negeri, jadi peluang untuk pengembangan usaha ini masih cukup menjanjikan di masa depan.

Kebutuhan kambing yang tinggi ini adalah potensi dan peluang yang dapat kita manfaatkan. Sebagai contoh, kambing dan produk produknya, yakni daging kambing  dapat memasuki pasar sbb :

a. Para Pedagang Sate Kambing dan Gulai

Yang pastinya mereka semua membutuhkan suplai daging kambing segar setiap hari, baik itu usaha para pedagang yang masih setingkat warung, depot hingga restaurant berbintang dan terkenal hingga pada tempat tempat wisata tertentu.

b. Para ibu rumah tangga yang membutuhkan daging kambing sebagai menu harian mingguan/bulanan dan tahunan keluarga.

c. Dijual ke pasar atau ke pelanggan sebagai karkas ( kambing sudah disembelih dan dipotong potong menurut permintaan konsumen).


2. Peluang Usaha Produksi Susu Kambing

Dewasa ini susu kambing sangat dicari oleh para konsumen susu kambing. Hal ini terkait rasa dan khasiat susu kambing yang cukup menarik, karena selain dapat memenuhi kebutuhan akan protein hewani harian juga dapat digunakan sebagai terapi dalam pengobatan berbagai penyakit dalam yang akut.

Dengan beternak kambing, potensi dan peluang usaha ini akan dapat kita penuhi,selain juga dengan menghasilkan susu kambing untuk pemenuhan gizi dan terapi keluarga sendiri kita juga dapat memberikan alternatif lain bagi konsumen yang sudah jenuh atau bosan dengan susu sapi, lebih lebih susu sapi luar negeri.

Usaha Ternak Kambing Skala Kecil 
3.Peluang Usaha Ternak Kambing Bakalan
Kambing bakalan adalah kambing anakan atau yang masih muda namun sudah lepas sapih dari induknya.

Peruntukan kambing muda/kambing bakalan ini yang utama adalah untuk memenuhi kebutuhan para peternak lain yang biasanya khusus beternak untuk mendapatkan daging/penggemukan/pembesaran hingga hari raya kurban tiba atau untuk kebutuhan para peternak kambing aqiqah.

Jadi sekalipun Kambing bakalan masih berusia muda dan bertubuh mungil, permintaan akan kambing bakalan terutama yang berkelamin jantan sangatlah tinggi.  Hal ini tentu saja adalah sebuah potensi yang dapat kita manfaatkan sebagai salah satu peluang usaha ternak kambing yang sangat menggiurkan.

4. Kotoran Kambing 

Beberapa potensi dan peluang bisnis ternak kambing skala kecil maupun besar lainnya adalah penjualan kotoran kambing.

Kotoran kambing dapat digunakan sebagai bahan pupuk organik yang sangat baik dan aman bagi dunia pertanian.

5. Penjualan Kulit Kambing.

Kulit kambing biasanya digunakan sebagai media dan bahan kerajinan tangan di Indonesia. misalnya hiasan kaligrafi dari kulit kambing yang cukup terkenal di luar negeri sebagai hasil karya anak anak bangsa.

6. Potensi Kambing Sebagai Hewan Peliharaan

Di luar negeri kambing cukup populer digunakan sebagai hewan peliharaan. Di Indonesia sendiri kambing sebagai hewan peliharaan mungkin masih kurang familiar di telinga, namun tidak tertutup kemungkinan kambing kambing dengan warna bulu yang unik maupun jenis kambing kontes bisa juga digunakan sebagai hewan peliharaan yang nyentrik bagi para kolektor, penghobi dan para konglomerat. hehe..


7. Usaha Peternakan Kambing Kontes 

 Di berbagai daerah di Indonesia maupun.di dunia sering juga loh diselenggarakan kontes kambing cantik.

Kambing cantik? ya.. kurang lebihnya begitu.. kontes dan pameran kambing tersebut digelar untuk menarik minat masyarakat dan sebagai penyemangat para peternak.

Penyemangat disini dapat kita maklumi.karena pemenang kontes kambing ini biasanya harga jual kambingnya akan bisa berlipat lipat dari harga kambing yang sebenarnya. Jadi tidak heran bila ada peternak yang bahkan khusus memelihara kambing untuk acara kontes dan ajang pameran kambing kambing keren berkualitas bagus ini.

Nah ternyata banyak sekali potensi dan peluang usaha di bidang agrobisnis peternakan kambing kan.. jadi jangan ragu bila anda telah berminat untuk mendirikan sebuah perusahaan peternakan kambing, langkah selanjutnya adalah mematangkan ilmu dan strategi yang jitu lalu segera take action.. menjadi seorang pengusaha ternak kambing yang berhasil sehingga anda bisa mendapatkan penghasilan yang cukup bagi anda keluarga, syukur syukur dapat membuka banyak lapangan pekerjaan bagi saudara saudara kita sebangsa dan setanah air.

Demikian apa yang bisa admin sampaikan pada perjumpaan kita kali ini, semoga tulisan ini bermanfaat.

1 comments:

Author
avatar

sangat menarik gan, terimakasih atas beragam informasi yang menginspirasi...
Aplikasi Kasir Restoran Android Offline

Reply