Peluang, Tips dan Cara Mudah Memulai Usaha Berjualan Es Kelapa Muda Untuk Pemula





Selamat datang pembaca,

Pada kesempatan kali ini admin akan berbagi sedikit rahasia dan informasi kepada pembaca sekalian mengenai seluk beluk, potensi, dan prospek bisnis berjualan es kelapa muda.

Admin juga akan memberikan beberapa analisa, trik dan cara tentang bagaimana membuka usaha berjualan es kelapa muda dengan sedikit bocoran dari pengalaman admin ketika menjalankan usaha minuman es degan / bisnis berjualan es kelapa muda.


Potensi Usaha Berjualan Es Kelapa Muda

Berjualan minuman di Indonesia termasuk dalam bisnis yang cukup menjanjikan, pasalnya Indonesia memiliki iklim tropis yang panas di siang hari sehingga banyak orang akan lebih sering merasa haus sebagai akibat dari dehidrasi karena iklim tropis yang panas dan juga aktifitas para calon konsumen baik itu di dalam maupun di luar ruangan.

Sedikit bocoran, bahwa ada sebuah penelitian yang mengatakan bahwa orang dapat bertahan hidup tanpa makanan hingga hampir sebulan lamanya dengan hanya meminum air saja, namun manusia tidak akan mampu untuk bertahan hidup tanpa air. Dalam beberapa hari manusia akan segera mati tanpa pasokan air dalam beberapa puluh jam saja. Yang artinya manusia akan lebih kuat menahan lapar dibanding dengan menahan haus.

Fakta tentang situasi manusia yang demikian itu tentunya bisa menjadi alasan kuat bagi anda untuk mulai berpendapat seperti saya, bahwa berjualan minuman, dalam hal ini minuman dingin yang menyegarkan adalah jenis usaha yang berprospek bagus dan sangat menjanjikan.

Untuk memulai usaha Es Kelapa muda tidaklah sulit sebagaimana yang anda bayangkan. Sedikitnya ada 5 Hal Utama dan Bahan yang Wajib anda sediakan untuk bisa memulai berjualan es degan. Berikut daftar dan sedikit ulasan mengenai cara untuk mendapatkan bahan baku untuk memulai usaha berjualan es degan/kelapa muda berikut tips dan triknya.

5 Hal Yang Harus Anda Sediakan Untuk Berjualan Es Degan (Panduan Khusus untuk Pemula)

1. Lokasi Jualan Yang Strategis

Lokasi yang strategis adalah faktor yang nantinya sangat akan menentukan keberhasilan anda dalam berjualan apapun, termasuk berjualan minuman es degan.

Carilah lokasi yang cukup ramai namun tidak terlalu penuh sesak orang sehingga banner dan lapak anda nantinya dapat mudah dilihat banyak orang yang akhirnya sangat membantu kelancaran dalam berpromosi yang hemat, murah namun efektif dalam menarik perhatian para calon pembeli.


Deretan Pedagang Es Kelapa Muda
Sumber gambar 



Baca Ulasan Lengkapnya :

Cara Jitu Memilih Lokasi Usaha Yang Strategis Untuk Pemula.

2. Kelapa Muda

Cara paling mudah untuk mendapatkan pasokan Degan/kelapa muda adalah dengan datang ke pasar tradisional terdekat di wilayah anda. Disana akan anda temukan banyak sub distributor atau agen penjual degan/ kelapa muda yang sudah biasa menjual degan untuk para pedagang es degan baik itu para pedagang es keliling maupun para penjual es kelapa muda di lapak lapak maupun kaki lima.

3. Gula Pasir

Ketersediaan Gula Pasir yang lancar mutlak adanya dalam usaha berjualan minuman es degan, untungnya anda dengan mudah bisa mendapatkannya di pasar, warung warung kelontong maupun minimarket terdekat.

Anda juga dapat membeli gula di Agen Sembako terdekat agar mendapatkan harga kulakan yang lebih murah. hanya saja pembelian di Toko Sembako dengan harga miring tersebut biasanya harus dengan cara membeli 1 karung gula yang berisi 50 Kg.

Gula Pasir mungkin bisa di ganti dengan gula merah atau pemanis buatan hanya saja hal ini jarang di temukan dan konsumen kebanyakan tidak suka dengan hal demikian.

4. Air Bersih Dan Es Batu

Ketersediaan air bersih cukup mutlak juga adanya, air bersih ini nantinya akan kita gunakan untuk mencuci peralatan penyajian seperti gelas, sendok, pisau, membersihkan meja hidang dan lain sebagainya.

Pun demikian dengan ketersediaan Es Batu, Es batu seharusnya harus mudah di dapat di daerah sekitar lokasi anda berjualan. Jika memang susah anda bisa membuat es batu sendiri dengan memanfaatkan lemari es di rumah, inipun sebaiknya hanya untuk jaga-jaga dikala darurat saja, karena jika kedua hal urgent ini tidak dapat anda dapatkan dengan mudah, maka sebaiknya anda urungkan niat anda untuk berjualan minuman dingin.

5. Peralatan dan perlengkapan Dagang Es Degan

Dalam hal ini adalah rombong es degan, atau bisa juga menggunakan meja kayu untuk meletakkan perlengkapan dagang seperti golok/bendu untuk memecah kelapa muda, sendok, gelas besar dan kecil, sabun, lap kain, termos es, wadah gula, wadah air kelapa, plastik, tas kresek,sedotan, sapu serta keranjang sampah.

Nah itulah kiranya 5 Hal Penting yang mutlak harus anda sediakan agar dapat memulai berjualan minuman es degan yang segar untuk para pembeli anda, dan juga mengalirkan uang yang segar bagi dompet anda.

Selanjutnya :

Analisa Usaha dan Hitungan Bisnis Berjualan Es Degan